Home >> Ekonomi >> Sungkono: Rakyat Kecil Belum Menikmati Koperasi sebagai “Soko Guru” Perekonomian

Sungkono: Rakyat Kecil Belum Menikmati Koperasi sebagai “Soko Guru” Perekonomian

IMG_20210131_104342

Sungkono, Ketua Dekopinda Kota Bekasi didampingi Gunawan Harsono, Ketua Panitia Musda (Foto:Bhatara/Donny)

Bekasi-Bhatara. Ketua terpilih Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bekasi Sungkono mengatakan, bahwa sampai saat ini rakyat kecil belum menikmati keberadaan Koperasi sebagai “Soko Guru” perekonomian. Hal itu disampaikannya dalam bincang-bincang dengan tim bhatara.co.id seusai gelaran Musda Dekopinda Kota Bekasi pada hari Minggu, 31 Januari 2021 di Taman Saung Marga Jaya, Bekasi.

Sungkono menjelaskan, Koperasi sebagai Soko Guru masih sebatas slogan saja dan belum terbukti. “Koperasi lahir dari bawah (rakyat kecil), tapi justru rakyat kecil belum bisa menikmatinya”, lanjut Sungkono. Menurutnya, ada mata rantai atau jembatan yang terputus pada hubungan di antara para pemangku kepentingan atau stake holders Koperasi, yakni Koperasi itu sendiri, Dekopin dan Pemerintah. Untuk itu, lanjutnya, Dekopinda Kota Bekasi akan meningkatkan fungsi sebagai jembatan yang memfasilitasi antara Koperasi-Koperasi dengan Pemerintah Kota Bekasi serta pihak lain yang terkait dan transparansi harus dikedepankan karena Koperasi lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sungkono berharap, langkah ini akan mendorong tumbuh kembangnya Koperasi menjadi semakin benar dan baik.

Ketika disinggung tentang maraknya praktek berbau rentenir oleh sebagian Koperasi Simpan Pinjam maupun pihak-pihak lain yang menjalankan usaha sejenis dan sekarang banyak muncul aplikasi-aplikasi pinjaman online berbasis Financial Technology yang sangat memberatkan para anggota/pengguna, pria berkumis bertubuh agak gempal ini merencanakan untuk mendata ulang Koperasi-Koperasi yang sudah ada. Ia juga mengakui bahwa selama ini fungsi pengawasan memang kurang. Ke depannya, pengawasan harus ditingkatkan dan diperketat serta akan dilakukan penataan ulang.

Lebih lanjut Sungkono mengatakan, bahwa Dekopinda akan menata kembali organisasi Dekopinda Kota Bekasi, menata kembali perkoperasian dari manajemen hingga Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga akan dapat menjalankan fungsi sebagai jembatan di antara para pemangku kepentingan. Selain itu Dekopinda juga akan mendorong menggalakkan pembinaan, pelatihan SDM, pelatihan manajemen dan pelatihan keahlian tentang perkoperasian, sehingga di masa datang Koperasi tidak lagi dipandang sebelah mata tetapi benar-benar diperhitungkan dan menjadi soko guru perekonomian rakyat. Bersama jajaran pengurus yang akan dibentuknya, Sungkono bertekad meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan Pemkot Bekasi melalui Dinas terkait sehingga dapat semaksimal mungkin menjembatani, memfasilitasi dan membuka akses permodalan bagi Koperas-Koperasi di wilayah Kota Bekasi.

zzz

Sungkono, Gunawan Harsono/Ketua Musda dan Raden Iwan Rachmat Leksono-Sekretaris Musda bersama Nurodi-Ketua Dekopinwil Prov Jabar (Foto: Panitia Musda Dekopinda Kota Bekasi)

Seperti telah diberitakan sebelumnya, pada Musda Dekopinda siang hari ini, Sungkono terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dekopinda Kota Bekasi periode 2021-2025. Musda Dekopinda Kota Bekasi diselenggarakan di Taman Saung Marga Jaya Bekasi pada hari Minggu, 31 Januari 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Turut hadir pada Musda Ketua Dekopin Wilayah Provinsi Jawa Barat, Nurodi, SE.

Pewarta: Donny Nur Alvian    Editor: Tatag Budiantoro
Facebook Comments

Baca Juga!..

92889-pengacara-hotman-paris-hutapea-instagramhotmanparisofficial

Hotman Paris Jadi Kuasa Hukum Maybank di Kasus Rp 20 M Winda Earl Ditilap

Bekasi-Bhatara, Hotman Paris ditunjuk sebagai kuasa hukum Mybank atas kasus raibnya tabungan atlet eSport Winda ...

blt-subsidi-gaji-rp1-2-juta-dicairkan-hingga-2021-EMcJREUFWq

Bansos Tunai Akan Cair Pada November Untuk 9 Juta Penerima

Bekasi-Bhatara,  Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa bantuan sosial tunai (BST) senilai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *