Home >> Ekonomi >> Sebelumnya Sampah Menumpuk,, Kini Irigasi Sawah Tersebut Di Sulap Menjadi Kolam Ikan

Sebelumnya Sampah Menumpuk,, Kini Irigasi Sawah Tersebut Di Sulap Menjadi Kolam Ikan

kolm ikan

Bekasi-Bhatara, Masyarakat Indonesia sampai saat ini masih perang dengan sampah yang kian hari kian menumpuk, banyaknya sampah yang mencemari lingkungan sekitar kita mebuat kenyamanan kita tiidak terjamin akan adnya sampah di sekeliling kita.

 

Banyak upaya yang kita lakukan untuk menghindari sampah contohnya ada di bayuwangi sampah yang mencemari saluran irigasi sawah, membuat sekumpulan pemuda Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Bayuwangi menyulap saluran irigasi tersebut menjadi bersih dan bermanfaat.

 

Tak hanya  itu pemuda bayuwangi menyulap irigasi tersebut mejadi kolam ikan. dengan membudidayakan bermacan-macam jenis ikan ada yang di kolam tersebut.

 

Mereka menyebut desa tersebut ‘Kampoeng Kluncing’. Rusadi Awanto bersama pemuda-pemuda setempat mengatasi sampah sekaligus menciptakan pemandangan irigasi bersih seperti di Jepang.
Rusady mengatakan, ide ini bermula dari keprihatinan pemuda setempat atas persoalan sampah yang sering dibuang ke saluran irigasi.

“Jadi, sebelumnya warga membuang sampah rumah tangga di saluran irigasi. Akibatnya, air menjadi tercemar dan kotor,” katanya kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).

Diakui Rusady, awalnya tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan di saluran irigasi. Namun berkat kerja keras yang dilakukan, lambat laun masyarakat mulai sadar dan memberikan dukungan adanya budidaya ikan di saluran irigasi.

“Alhamdulillah, saat ini sampah sudah berkurang hingga 90 persen. Air juga sudah bersih, bahkan sudah bisa digunakan untuk mencuci pakaian dan mandi oleh warga,” katanya.

sejak 7 bulan yang lalu, para pemuda setempat akhirnya memanfaatkan saluran irigasi tersebut untuk budidaya ikan, sekaligus menghindari pencemaran air karena sampah.

 

 

 

 

( Sumber : Detik.com )

 

 

 

 

[ndi]
Facebook Comments

Baca Juga!..

images (1)

Solusi Pembiayaan Untuk Akses Air Bersih Di Daerah Kekeringan

Bekasi-Bhatara, Isu kekeringan air bersih di Indonesia belum berenti Kususnya soal akses iar bersih. Untuk ...

arteria-dahlan-vs-emil-salim1

Debat Arteria Dahlan Dengan Emil Salim, Arteria Dalan,: Acara Dirancang Menyudutkan Saya

Bekasi-Batar,Politikus Partai Demokrasi Indonesia ( PDIP), Arteria Dahlan Kembali Menjadi Sorotan setala ia Berdebat dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *