Home >> Berita Foto >> Nurodi-Ketua Dekonpinwil Jawa Barat, dari Mimpi hingga Barcelona FC Milik Koperasi

Nurodi-Ketua Dekonpinwil Jawa Barat, dari Mimpi hingga Barcelona FC Milik Koperasi

IMG_20210131_103608

Nurodi, SE – Ketua Dekopin Wilayah Provinsi Jawa Barat (Foto:Bhatara/Donny)

Bekasi-Bhatara. Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Barat (Dekopinwil Jabar) Nurodi, SE mempunyai mimpi besar. Mimpi itu dengan penuh kesadaran juga harus menjadi mimpi para pemangku kepentingan perkoperasian di negeri ini.

“Yang terjadi di Indonesia, Koperasi itu kan hanya sebatas memenuhi ketentuan Undang-Undang. Contoh Koperasi Karyawan, di negara kita itu adalah bagian dari perusahaan.  Ada pabrik, lalu di pojok pabrik ada Koperasi. Yang seharusnya adalah bukan begitu, tetapi para karyawan itulah yang harus menjadi pemilik pabrik. Itu yang benar. Nah! Mimpi itulah yang akan kita wujudkan, bagaimana setiap Koperasi itu menjadi pemilik usaha, bukan pelengkap dari usaha swasta. Itu yang kita impikan”. Demikian dituturkan Nurodi pada sesi bincang-bincang dengan bhatara.co.id usai penyelenggaraan Musyawarah Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Bekasi (Musda Dekopinda Kota Bekasi) hari Minggu, 31 Januari 2021 siang di Taman Saung Marga Jaya Bekasi.

Nurodi lantas menyebut klub sepakbola raksasa asal Spanyol, Barcelona, di mana Mega Bintang Lionel Messi bermain. Kata Nurodi: “Barcelona itu klub besar. Itu punya koperasi. Kenapa misalnya Persija tidak menjadi milik koperasi?”

Terkait pernyataan Nurodi, tim bhatara.co.id dari berbagai sumber menemukan data bahwa klub sepakbola Barcelona memasang jargon Mes que un club atau “lebih dari sebuah klub”. Memang benar, Barcelona memang lebih dari sebuah klub, tetapi klub yang juga koperasi. Contoh lain misalnya: FrieslandCampina sebuah Koperasi di Belanda yang salah satu produknya adalah es krim Campina yang telah tersebar ke lebih dari 100 negara. Ada lagi minuman jeruk Sunkist. Sunkist adalah Koperasi Pemasaran yang dijalankan oleh para anggotanya yakni para petani jeruk di Arizona dan California, USA. Dan masih banyak lagi contoh hebat lainnya…

Nurodi lantas menyoroti salah satu dari sekian banyak penyebab mengapa Koperasi di Indonesia masih jauh panggang dari api bila dibandingkan dengan beberapa contoh Koperasi yang mendunia tadi, salah satunya adalah pendidikan koperasi. Kemampuan manajerial harus diasah dengan pendidikan, bukan hanya dengan praktek. Menurutnya, sumber daya manusia Koperasi masih harus terus di-upgrade kemampuannya agar bisa bersaing dengan pelaku ekonomi lain. “Apalagi sekarang kita masuk ke era sistem digital, bagaimana caranya Koperasi harus bisa masuk ke dalam era sistem digital. Itu yang menjadi fokus kita di periode ini”, tandasnya lebih lanjut.

Nurodi, SE yang secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Dekopinwil Jabar pada Musyawarah Wilayah (Muswil) Dekopin Jawa Barat, 5 Oktober 2020 di Hotel Grand Cordela Bandung (pipnews.co.id) lantas menambahkan, bahwa saat ini Dekopin sedang dan akan terus menjalankan program Sertifikasi Manajer Koperasi dan para Pengurus Koperasi. Hal itu akan didorong menjadi program utama di periode kepemimpinan Ketua Umum Dekopin Dr. Untari Bisowarno.

Pemerintah, menurut Nurodi, sangat mendukung dan sangat mendorong tumbuh kembangnya Koperasi, termasuk melalui sektor pembiayaan. Trilyunan rupiah disiapkan Pemerintah untuk membangun dan memajukan Koperasi. “Habits atau kebiasaan-kebiasaan kita memang belum kesana dan inilah yang harus kita ubah”, tandasnya.

Mengakhiri sesi tanya jawab, Nurodi berpesan kepada Ketua Dekopinda Kota Bekasi terpilih, Sungkono dan para pengurus yang akan dibentuk, harus mampu mengakomodir kepentingan koperasi-koperasi di Kota Bekasi. Lalu melakukan konsolidsi organisasi dengan baik paska terpecah dan berkoordinasi dengan para stake holder atau pemangku kepentingan perkoperasian yang ada di Kota Bekasi.

Seperti telah diberitakan, Musda Dekopinda Kota Bekasi digelar pada hari Minggu, 31 Januari 2021 di Taman Saung Marga Jaya Bekasi dan Sungkono terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dekopinda Kota Bekasi periode 5 tahun mendatang.

Pewarta: Donny Nur Alvian      Editor: Tatag Budiantoro

Berita terkait:

Sungkono: Rakyat kecil belum menikmati Koperasi sebagai Soko Guru perekonomian

Musda Dekopinda Kota Bekasi: Sungkono Ketua

Facebook Comments

Baca Juga!..

92889-pengacara-hotman-paris-hutapea-instagramhotmanparisofficial

Hotman Paris Jadi Kuasa Hukum Maybank di Kasus Rp 20 M Winda Earl Ditilap

Bekasi-Bhatara, Hotman Paris ditunjuk sebagai kuasa hukum Mybank atas kasus raibnya tabungan atlet eSport Winda ...

blt-subsidi-gaji-rp1-2-juta-dicairkan-hingga-2021-EMcJREUFWq

Bansos Tunai Akan Cair Pada November Untuk 9 Juta Penerima

Bekasi-Bhatara,  Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa bantuan sosial tunai (BST) senilai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *