Home >> Kesehatan >> Meski Bau, Ternyata Ini Manfaat Jengkol

Meski Bau, Ternyata Ini Manfaat Jengkol

3a

Batang-Bhatara, Haji Saari (56) kaos hijau topi loreng, penebas jengkol dan jambu biji merah asal Dusun Gepret Rt. 2 Rw. 1 Desa Durenombo Kecamatan Subah. terlihat sedang mengupas kulit jengkol di pinggir salah satu kebun warga yang ditebasnya.

Jengkol tebasan termurah dijualnya seharga 15 ribu rupiah ke Pasar Subah di Jalan Raya Pantura Subah, termahal sampai 80 ribu rupiah/kilogramnya. Dalam satu pohon dihasilkan rata-rata 2-3 kwintal.

Keuntungan yang sangat fantastis bagi pemilik dan penebas jengkol. Saat ditanya Sertu Pursugiyanto, anggota Satgas TMMD untuk dipublikasikan ke umum tentang hasil bumi setempat tersebut, Haji Saari juga memaparkan beberapa manfaatnya bagi kesehatan tubuh, Rabu (24/10).

 

Baca Juga >>    Kebut Pembangunan TMMD, Kavaleri Diturunkan

 

Dijelaskannya rinci, 8 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh meliputi :

  • Berperan dalam pembentukan jaringan tubuh, karena mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan kacang hijau dan kedelai. Mencegah anemia karena kaya akan zat besi.
  • Mencegah osteoporosis sebab mengandung kalsium dan fosfor.
  • Membantu menangkal radikal bebas, pasalnya terkandung vitamin A dan C sebagai antioksidan yang dapat menangkal kanker.
  • Mengatasi penyakit jantung, sifatnya sebagai diuretik dapat melancarkan buang air kecil sehingga baik dikonsumsi penderita.
  • Merampingkan perut dengan adanya kandungan serat yang tinggi di dalamnya.
  • Mencegah diabetes, asam jengkolat dalam bentuk kristal tidak larut dalam air sehingga dapat mencegah penyakit ini.
  • Dan terakhir adalah mencegah penyempitan pembuluh darah, sakit jantung bisa diminimalkan dengan rutin memakannya, karena kandungan mineralnya akan melebarkan pembuluh darah.

“Jadi, meski menimbulkan bau usai memakannya, jengkol tetap punya banyak penggemar. Supaya baunya hilang, direbus dulu agak lama supaya teksturnya juga empuk saat disantap.” timpalnya.

(yra)

Facebook Comments

Baca Juga!..

kali-bekasi-tercemar-wartabekasi

Kali Bekasi Yang Kian Lama Makin Tercemar

Bekasi-Bhatara, Kali di bekasi yang kian lama makin tercemar berwarna hitam pekat dan nampak berbusa ...

WhatsApp Image 2019-01-19 at 19.13.15

Babinsa Koramil 08/Wonotunggal Anjangsana ke Rumah Warga

Wonotunggal-Bhatara, Dalam rangka mengoptimalkan Komunikasi Sosial (Komsos) Satuan Komando Kewilayahan terhadap komponen masyarakat dengan harapan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *