Home >> Liputan Khusus >> Memperingati Hari Pahlawan, Keluarga Besar OBN Tabur Bunga Di Taman Makam Pahlawan Patriot Bangsa

Memperingati Hari Pahlawan, Keluarga Besar OBN Tabur Bunga Di Taman Makam Pahlawan Patriot Bangsa

baba

BEKASI-BHATARA, Begitu banyak kisah heroik di Bekasi yang sayangnya luput dari catatan sejarah selama ini. takkan cukup tempat jika menjabarkan satu per satu peristiwa besarnya yang tak kalah bikin geger jika dibandingkan dengan kisah-kisah perjuangan di Bandung, Medan, Bali, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya.

Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam medan perang,  Keluarga besar Organisasi Bhayangkara Nusantara (OBN) yang di pimpin oleh Nurcahyo Irdianto (Sekjend OBN) melakukan kunjungan ke makam pahlawan yang bertempat di jl. Ir. H. Juanda, Aren jaya, Kota bekasi .(Minggu, 11/11/2018).

Sapaan ramah menyambut dari seorang penjaga makam bernama Suharto. Pria paruh baya yang meminta dipanggil Toto itu mengajak untuk melakukan Doa bersama sebelum memasuki Lokasi pemakaman, Selepas doa bersama keluarga besar OBN mulai memasuki lokasi pemakaman yang di lanjutkan dengan Menabur bunga secara simbolis.

caca

Beliau menyampaikan bahwa, ” TMP ini luasnya sekitar 8.350 persegi di bangun sekitar tahun 1960an. Dan  Sekitar 236 pahlawan di makamkan di sini. Dari jumlah makam tersebut ada juga makam pahlawan yang beragama nasrani, dan ada juga  makam yang tidak di ketahui identitasnya.”

Sayangnya, tak ada satu pun tokoh pejuang yang cukup dikenal di sini. Beberapa tokoh pejuang yang menyabung nyawa di area Bekasi pada masa revolusi 1945–1949 sebagian besar dimakamkannya di TMP Kalibata. Termasuk KH. Noer Ali.

dari 236 makam yang ada Di TMP Patriot, memang tidak ada tokoh yang cukup dikenal. hanya beberapa pengusir penjajah dari Bumi Bekasi antara lain dari BKR (Badan Keamanan Rakyat), Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Laskar, Hizbullah, serta elemen Pejuang yang tidak dikenal maupun para pejuang yang mendapatkan Bintang Tanda jasa Dari Pemerintah.

bere

Pada tanggal 15 Agustus 1995, TMP ini mendapatkan perhatian dari Pemkab sebelum pemekaran wilayah antara Kab. Bekasi dan Kota Bekasi untuk merenopasi bangunan dan makam para pejuang Bekasi yang pada saat itu pemerintah Bekasi masih Kabupaten Bekasi dan di resmikan oleh Bupati Bekasi H. Moch. Djamhari.

Makam Pahlawan Patriot Bekasi ini juga memiliki tugu perjuangan berupa 5 bangunan yang berbentuk segitiga menjulang keatas yang tingginya berbeda-beda, melambangkan sebagai simbol 5 pancasila dan perjuangan Bekasi dalam mengusir para penjajah di indonesia.

Dalam kesempatan itu Nurcahyo Irdianto Menyampaikan, “Kami Berharap dengan dilakukannya Ziarah Ke Makam Pahlawan Patriot Bangsa dapat Menyadarkan Keluarga Besar OBN Bahwa Betapa Besarnya Jiwa perjuangan dan pengorbanan para pejuang terdahulu untuk Bangsa Indonesia”.

Lanjutnya, “Maka dari itu, Kita sebagai Generasi penerus Bangsa Indonesia WAJIB Menjaga Bangsa ini Serta Rela Berkorban Untuk Mewujudkan Cita-cita Bangsa ini Dan Para Pejuang Terdahulu”

 

 

{AS-AMR}

Facebook Comments

Baca Juga!..

5d847544e7d66

Aturan Jalur Sepeda Telah Berlaku Untuk Pelanggar

  Bekasi-Bhatara, Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang merancang mengenai peraturan jalur khusus sepeda telah berlakukan ...

105856-kapolri.ok

Jendral Abdul Aziz, Institusinya Menangkap 74 Terduga Teroris

  Bekasi-Bhatara, Jendral Idham Aziz mengatakan intitusinya telah menangkap 74 terduga teroris setelah peristiwa bom ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *