Home >> Sports >> Komunita Motor Tua Angkat Bicara Soal Pembatasan Usia Kendaraan

Komunita Motor Tua Angkat Bicara Soal Pembatasan Usia Kendaraan

th Vespa Antik 02

Bekasi-Bhatara, Anies Baswedan ( Gubernur DKI Jakarta ) meminta kepada kepala dinas perhubungan DKI Jakarta untuk menyiapkan pembatasan usia kendaraan pribadi, wacana pada 2025 mendatang kendaraan pribadi yang usianya lebih dari 10 tahun atau satu dekade tidak boleh beroperasi di Jakarta. Hal ini tertuang dalam igub No. 66 Tahun 2019 nomor 3.

‘’Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada 2025,” tulis Ingub tersebut, Jumat (2/8/2019).

Mendengar kata kndaraan pribadi yang tidak di terangkan apakah mobil atau motor, maka bisa di asumsikan bahwa peaturan tersebut akan menyasar keduanya,

Pembatasan Motor(Foto: Istimewa) Byon, salah satu penggawa komunitas motor bebek retro, C’Duck Astrea, yang beberapa tahun ini sedang tren bebek berusia lanjut, menambahkan, motor di atas 10 tahun biasanya adalah motor hobi yang penggunaannya berbeda dengan motor harian. “Ini berat, karena kita penghobi kendaraan klasik inginnya melestarikan, jadi tetap masih ada kendaraan antik berkeliaran di jalanan Ibu Kota kita tercinta ini. Di samping melestarikan kita juga berbagi memori untuk para pengendara lain yg mungkin dulu pernah punya. Jadi mudah-mudahan sih tidak jadi dilarang,” kata Byon.

Gaikindo Tanggapi Instruksi Pembatasan Kendaraan di Jakarta Byon mengatakan, tapi jika memang diputuskan maka hal itu yang terbaik. Sehingga warga Jakarta wajib mengikuti peraturan.

Tapi sebaiknya dipertimbangkan lagi, karena jumlah motor atau mobil klasik tidak sebanding dengan kendaraan baru. “Sebagian kendaraan klasik hanya hobi yang notabennya hanya keluar akhir pekan Sabtu/Minggu, jadi klo bisa fleksibel mungkin weekend peraturan tidak berlaku. Tapi kalau bisa setiap hari karena, klasik selalu asik,” kata Byon.

Kendaraan bermotor melintasi Jl. Prof. Dr. Satrio, Karet Kuningan, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019). Berdasarkan data situs penyedia peta polusi daring harian kota-kota besar di dunia AirVisual, menempatkan Jakarta pada urutan pertama kota terpolusi sedunia pada Senin (29/7) pagi dengan kualitas udara mencapai 183 atau dalam kategori tidak sehat.

Yusuf Arief, Sekjen Kutu Community, komunitas Vespa di Indonesia yang sebagian anggotanya memiliki Vespa klasik bisa terbebani dengan peraturan tersebut. Sebab banyak Vespa dengan umur lebih 10 tahun masih jalan dengan kondisi sehat. “Karena ini masih wacana, artinya belum ada pengesahan ita lihat dulu saja. Tapi secara pribadi kalau saya tidak mendukung. Mengapa, sebab motor itu dipakai oleh banyak orang, dan motor dipakai buat alat kerja. Banyak sekali motor yang berusia di atas 10 tahun tapi masih dipakai, di pasar contohnya. Selain itu Vespa juga banyak yang lebih 10 tahun masih jalan,” kata Yusuf.
 

 

 
( sumber: Kompas.com )

 

[ndi]

Facebook Comments

Baca Juga!..

IMG-20180927-WA0004

Bike to Work, Bike to School, Transportasi Sehat Merakyat

PATI-BHATARA, Pertumbuhan Kendaraan di kota Pati sangat signifikan, hal itu terlihat dari kepadatan kendaraan pada ...

pen509

Bangkitkan Percaya Diri Anak Desa Dengan Olahraga

BANJARNEGARA-BHATARA,  Keberadaan anggota Satgas TMMD Reguler 102 Banjarnegara di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, rupanya tidak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *