Home >> Peristiwa >> Kampanye Udara Bersih Di Semarang, Bersama Ratusan Motor Listrik

Kampanye Udara Bersih Di Semarang, Bersama Ratusan Motor Listrik

bsn-bakal-gelar-konvoi-kendaraan-listrik-dan-sepeda-bersni-usc

Bekasi-Bhatara, Kampanye udara bersih dengan konvoi motor listrik bersama Badan Standardisasi Nasional (BSN). Kampanye tersebut keliling jalan protocol kota semarang.
Konvoi Kampanye Kendaraan Listrik dan Sepeda Ber-SNI 2019′ diikuti sekitar 500 motor listrik dengan rute Wisma Perdamaian-Stasiun Poncol-Stasiun Tawang-Jl.dr. Cipto-Jl. Sriwijaya-Jl. Veteran-Jl. Dr. Sutomo-Wisma Perdamaian, Acara tersebut yang bertema ‘E-Bike Ride.

“Kita mendukung kota metropolitan yang bersih. Maka kita kampanyekan menggunakan motor listrik,” kata Kepala BSN, Bambang Prasetya, Minggu (6/10/2019).

Dalam konvoi tersebut terlihat beberapa motor listrik yang menarik perhatian antara lain Viar Q1 dengan slot baterai cadangan, dan Selis Balis yang merupakan motor roda 3 dengan penutup layaknya mobil, serta BF-CG dari BF Goodrich yang bentuknya mirip motor vintage.

“Melalui konvoi dan kampanye kendaraan listrik dan sepeda ber-SNI, BSN bersama Pemerintah Jateng mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan gerakan Langit Biru. Menciptakan awareness dan aksi nyata penggunaan kendaraan ramah lingkungan,” jelasnya.

“BSN sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang diberikan tugas oleh pemerintah untuk membina dan mengoordinasikan seluruh kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia, telah menetapkan 21 SNI terkait kendaraan listrik demi mendukung pengembangan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia,” Jelas Bambang.

“Kalau yang listrik sudah 21 SNI, sedangkan sepeda sudah 22 SNI,” ujarnya.

Beberapa SNI tersebut antara lain SNI 8613:2018 ISO 13063:2012 Moped dan sepeda motor berpenggerak listrik – Spesifikasi keselamatan (ISO 13063:2012, IDT); SNI IEC 62660-1:2017 Sel litium-ion sekunder untuk penggerak kendaraan listrik – Bagian 1 : Pengujian unjuk kerja (IEC 62660-1:2010, IDT); SNI IEC 61851-1: 2017 Sistem pengisian konduktif kendaraan Iistrik – Bagian 1: Persyaratan umum; dan SNI IEC 62196-1:2014.

“Saat ini, BSN masih mengembangkan standar-standar lain terkait kendaraan listrik, mulai dari kategori Electric Propulsion componen, Sistem Charging, Plug and Sockets dan Antarmuka Komunikasi,” kata Bambang.

Yang  menarik dalam konvoi tersebut motor listrik yaitu suasana yang hening dari suara mesin meski pesertanya banyak. Selain itu yang jelas tidak ada asap atau gas buang yang dapat mencemari udara di kota tersebut.

 

 

( summber : detik.com )

 

 

 

[ndi]
Facebook Comments

Baca Juga!..

ninoy-karundeng

Ninoy Karundeng di culik dan Eksekusi Ala Isis

Bekasi-Bhatara, Relawan Presiden Jokowi Dodo (jokowi) Yang Bernama Ninoy Karundeng menagalami hari yang tidak baik ...

EGAR_LWUwAAPfZF

TNI AU Menggunakan Mobil Esemka Yang Berwarna Kuning Cerah Untuk Dinas

Bekasi-Bhatara, TNI Angkatan Udara akhirnya resmi menggunakan mobil merek nasional Esemka sebagai kendaraan dinas di beberapa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *