Home >> Kesehatan >> Kali Bekasi Yang Kian Lama Makin Tercemar

Kali Bekasi Yang Kian Lama Makin Tercemar

kali-bekasi-tercemar-wartabekasi

Bekasi-Bhatara, Kali di bekasi yang kian lama makin tercemar berwarna hitam pekat dan nampak berbusa tak hanya itu sampahpun menjadi faktor utama di Kali Bekasi, Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan (PDL) BPLH Kota Bekasi Masri Wati mengatakan, aliran Kali Bekasi yang menghitam mulai terjadi sejak Minggu (21/7/2019) lalu. “Dugaannya setelah hari Sabtu (20/7/2019).

Waktu itu masih bagus di (pantauan) kami, Sabtu sore dan malam Minggu masih bagus,” ujar Masri saat dihubungi, Rabu.

pencemaran ini terjadi di wilayah hulu Kali Bekasi, yakni Sungai Cileungsi di sekitar wilayah Curug Parigi, Ba Aliran Kali Bekasi di dekat Jalan Ir H Juanda tampak berwarna hijau gelap. Kondisi ini kontras dengan keadaan beberapa hari sebelumnya ketika aliran Kali Bekasi di dua titik ini berwarna keruh kekuningan.

Tak terlihat aktivitas warga di sekitar kali maupun sejumlah anak yang kerap berada di tepi kali. “Biasanya berwarna coklat kekuningan, enggak tahu saya sejak hari apa (jadi gelap),” ujar Mawardi (24), warga Pondok Ungu yang sehari-hari melintasi jembatan Kali Bekasi di Jalan Ir H Juanda.

Sementara itu, aliran Kali Bekasi di Bendung Bekasi tampak agak lebih baik secara kasatmata. Sampah tak begitu berserakan, meskipun warna aliran kali juga hijau. Aliran air juga terlihat berbusa di kolong jembatan Jalan Mayor Hasibuan. Dalam beberapa kesempatan, aroma tidak sedap juga menguar dari arah kali di Bendung Bekasi.

Sejumlah warga di dekat Bendung Bekasi masih melakukan aktivitas di tengah sungai yang mendangkal akibat kemarau, mulai dari upaya menjaring ikan sampai mencuci pakaian. Kondisi yang cukup parah tampak jelas ketika Kompas.com menyambangi jembatan Cipendawa di Jalan Cipendawa Baru, Jatiasih..

Aliran Kali Bekasi tampak hitam pekat. Aneka kantong plastik warna-warni yang diduga sampah domestik mengapung di tepi sungai. Tak ada tanda-tanda aktivitas warga di sana. Masri menduga, pencemaran Kali Bekasi terjadi bukan di Kota Bekasi, melainkan di hulunya. “Kami sudah cek di wilayah sepanjang Kali Bekasi di wilayah Cileungsi untuk Kota Bekasi. Kami tidak menemukan sumber warna hitam begitu,” ia menjelaskan.

(sumber : kompabekasi.com)

 

 

 

[ndi]

Facebook Comments

Baca Juga!..

ninoy-karundeng

Ninoy Karundeng di culik dan Eksekusi Ala Isis

Bekasi-Bhatara, Relawan Presiden Jokowi Dodo (jokowi) Yang Bernama Ninoy Karundeng menagalami hari yang tidak baik ...

EGAR_LWUwAAPfZF

TNI AU Menggunakan Mobil Esemka Yang Berwarna Kuning Cerah Untuk Dinas

Bekasi-Bhatara, TNI Angkatan Udara akhirnya resmi menggunakan mobil merek nasional Esemka sebagai kendaraan dinas di beberapa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *