Home >> Ekonomi >> Ekonomi Indonesia Dinilai Mulai Adaptif Terhadap Pandemi Covid-19

Ekonomi Indonesia Dinilai Mulai Adaptif Terhadap Pandemi Covid-19

ekonomi

Bekasi-Bhatara, Fitrah Faisal Hastiadi, Ekonom Universitas Indonesia, mengatakan saat ini kondisi mulai solid, perekonomian nasional juga adiptif sehingga bisa membantu saat pemerintah ingin mempercepat stimulus fiskal.

Melihat pertumbuhan ekonomi nasional hanya minus 1,5 persen secara tahunan. Optimis pada 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 6 persen.

“Kalau kata IMF (pertumbuhan ekonomi) tahun 2020 (Indonesia) minus 1,5 persen tapi di tahun 2021 tumbuh 6 persen,” kata dia dalam diskusi Polemik Trijaya bertajuk Efek Resesi di Tengah Pandemi,Jakarta, Sabtu (7/11/2020).

Menurut Fitrah, perlambatan ekonomi yang terjadi di Indonesia akibat dari kepanikan global. Sementara selama ini pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang konsumsi domestik. Sehingga untuk bisa kembali seperti keadaan semua akan lebih memungkinkan.

“Kita tidak terlalu hubung dengan global, pertumbuhan ekonomi kita ini faktor domestik,” kata dia.

Fitrah menambahkan penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta beri pengaruh pada pertumbuhan ekonomi nasional. Dia membandingkan penerapan PSBB pertama diawal virus menyebar dengan dikembalikannya PSBB transisi menjadi PSBB (PSBB kedua).

Dari indikator PMI, penerapan PSBB sangat berpengaruh. Sebelum pandemi Covid-19, indeks PMI berada di level 51. Indeks PMI turun di bulan Februari-Maret menjadi 47.

Saat penerapan PSBB pertama, indeks PMI turun menjadi 27. Lalu saat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan PSBB transisi, di Agustus indeks PMI meningkat ke level 58. Namun, ketika diberlakukan kembali PSBB, indeks PMI kembali turun di level 47.

“Ketika PSBB (kedua) anjlok di level 47. Anjloknya lebih sedikit tetapi ini sudah untuk kembali lagi,” kata Fitrah.

 

(Sumber: Merdeka.com)

 

 

[Nz]

Facebook Comments

Baca Juga!..

plts

PT Bukit Asam Akan Membangun PLTS Di Lahan Bekas Tambang

Bekasi-Bhatara, Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin mengungkapkan terdapat potensi energi dari lahan bekas tambang di ...

besek

Besek Bambu Unik Meraup Jutaan Rupiah Menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bekasi-Bhatara, Besek atau wadah yang terbuat dari bambu yang terbilang tidak memiliki harga jual tinggi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *