Home >> Ekonomi >> Diakui Kemenkeu, Belanja Pemerintah Banyak Yang Bocor

Diakui Kemenkeu, Belanja Pemerintah Banyak Yang Bocor

34626

Bhatara-Jakarta, Febrio Nathan, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu mengakui pengeluaran pemerintah banyak yang bocor.

Seperti Dikutip CNNIndonesia, “ Tidak sedikit pengeluaran pemerintah yang tidak efisien, banyak bocor, tidak perlu, yang tidak hasilkan nilai tambah besar,” ujar Febrio dalam diskusi virtual Kupan Tuntas Ekonomi dan APBN,” Jumat (25/9).

Karenanya, pemerintah kini lebih fokus dalam menyusun anggaran agar lebih efisien. Beberapa anggaran yang tak perlu mulai dipotong agar fiskal lebih terjaga.

“ Setiap tahun dipotong, perjalanan dinas dipotong, rapat dihotel apakah perlu. Itu kemudian hasilkan disiplin fiskal yang relatif solid,” lanjutnya.

Dikatakannya, penyusunan anggaran yang lebih efisien sudah dilakukan beberapa tahun terakhir. Dengan porsi anggaran yang lebih efisien, pemerintah mengklaim negara lebih siap menghadapi 2020 dibandikan dengan negara lain.

“Itu best practice yang sudah dilakuakn sampai sebelum 2020. Itu buat negara relatif lebih siap hadapi 2020 dibandingkan banyak negara lain, dimana (Indonesia) tiba-tiba menaikkan defisit menjadi 6,4%,” ucapnya.

Diketahui, pemerintah mengubah susunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 54 Tahun 2020 tengan Perubahan Postur dan Rincian APBN 2020.

Dalam beleid itu, Presiden Jokowi menurunkan target penerimaan negara dari Rp 1.760,88 triliun menjadi Rp 1.699,94 triliun. Sementara, belanja negara justru naik dari Rp 2.613,81 triliun menjadi Rp 2.739,16 triliun.

Dengan selisih tersebut, pemerintah dalam Perpres 71 Tahun 2020 memproyeksi defisit APBN 2020 sebesar Rp 1.039,2 triliun. Angkanya setara dengan 6,34%  terhadap produk domestik bruto (PDB).

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: CNNIndonesia

(YRA)

Facebook Comments

Baca Juga!..

korupsi bibit kopi

Pejabat Dinas Pertanian Masama Resmi Ditahan, Jadi Tersangka Korupsi Pengadaan Bibit Kopi

Bekasi-Bhatara, Pejabat Dinas Pertanian dan perkebunan Kabaupaten Masama, Sulawesi Barat, Murnianto Resmi di tahan oleh ...

ketua bkpm

BKPM Permudah Investor Jepang Masuk Indonesia

Bekasi-Bhatara, Pemerinta Indonesia kian mempermudah langkah Investor asal Jepang untuk menanamkan modal di Indonesia dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *