Home >> Ekonomi >> Berawal Dari Seseorang Yang Di Tilang, Menjadi Inspirasi Polisi Ternak Lele

Berawal Dari Seseorang Yang Di Tilang, Menjadi Inspirasi Polisi Ternak Lele

5f844e96bb45e

Bekasi-Bhatara, Seorang Anggota polisi Polres Probolnggo Bripka Heidi Lingga Pratama Kota yang sukses menjadi pengusaha lele, awal mula beternak setelah Heidi ngobrol dengan seseorang yang di tilangnya beberapa tahun lalu.

Pengendara yang di tilang itu sedang mengankut sejumlah lele untuk di jual, saat itu Heidi menemukan ide bisnis yang bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain, sayangnya Hedi lupa dengan nama pengendara tersebut, ia tak pernah berjumpa lagi dengan pengendara itu karena pendemi.

Polisi ini bisa raup uang puluhan juta rupiah dari bisnis lele nya tersebut, “Saya mengawali bisnis ini sekitar tahun 2009 dulu. Saya berbicara dengan orang yang saya tilang lalu belajar ke teman saya,” kata Heidi, Senin (12/10/2020).

Awalnya, Heidi membuat satu petak kolam lele dengan kapasitas 6.000 bibit. “Dari hasil panennya saya dapat sekitar Rp 6,5 juta,” tambah Heidi.

Heidi terus menekuni dan mengebangkan bisnis tersebut.

Kini, polisi itu punya 20 kolam lele di pekarangan rumahnya di Desa Pabean, Kecamatan Dringu, Probolinggo. “Di kolam isinya macam-macam. Kalau kolam terpal ukuran diameter tiga, saya isi 5.000 sampai 6.000 ekor. Kalau ukuran diameter 2,5 saya isi 3.000 ekor. Kolam beton saya isi sekitar 7.000 ekor. Dan ada kolam di tanah khusus pembesaran dari kolam yang di terpal,” jelas pria berumur 34 tahun tersebut.

Setiap bulan, Heidi bisa memanen sekitar 1 ton lele dengan omzet Rp 15,5 juta setelah dipotong biaya operasional. Polisi itu juga mempekerjakan dua orang untuk mengelola kolam lelenya. Heidi tak cuma menjual lele ke pedagang atau restoran. Salah satu pelanggannya mengolah lele itu menjadi aneka produk seperti keripik, abon, dan olahan lain.

Jadi contoh Kesuksesan Heidi menggeluti bisnis ini dijadikan contoh bagi anggota Polri yang memasuki masa pensiun, Ini Penjelasan Pemkot Padang Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya mengarahkan pelatihan wirausaha bagi anggota Polri yang akan pensiun. Ambariyadi menjadikan Heidi sebagai referensi bagi para polisi senior yang hendak pensiun. Heidi pun tak pelit membagikan ilmu kepada para seniornya itu. “Pekan lalu ada pelatihan dari Polda Jatim, pesertanya dari Polres Batu, Lumajang, Pasuruan, Kabupaten atau kota Probolinggo. Jadi senior saya yang mau purnatugas dibekali pelatihan di tempat saya. Ada sekitar 100 orang yang ikut pelatihan,” pungkas Heidi.

 

( Sumber : Kompas.com )

 

 

 

 

[Ndi]
Facebook Comments

Baca Juga!..

korupsi bibit kopi

Pejabat Dinas Pertanian Masama Resmi Ditahan, Jadi Tersangka Korupsi Pengadaan Bibit Kopi

Bekasi-Bhatara, Pejabat Dinas Pertanian dan perkebunan Kabaupaten Masama, Sulawesi Barat, Murnianto Resmi di tahan oleh ...

ketua bkpm

BKPM Permudah Investor Jepang Masuk Indonesia

Bekasi-Bhatara, Pemerinta Indonesia kian mempermudah langkah Investor asal Jepang untuk menanamkan modal di Indonesia dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *