Home >> Sports >> Begini Sikap Menghadapi Rombongan Moge Ketika Bertemu Dijalan

Begini Sikap Menghadapi Rombongan Moge Ketika Bertemu Dijalan

motor-gede-ilustrasi-_120428212906-308

Bekasi-Bhatara, Konvoi iring-iringan motor gede (moge) kerap dilakukan oleh beberapa komunitas baik Jakarta maupun di daerah lainnya, namun disayangkan beberapa kadang tidak memperdulikan pengendara jalan lainnya berlagar sok jagoan dan bersikap intoleran.

Seperti contoh kasus yang belum lama terjadi, yaitu kekerasan yang dilakukan oleh oknum klub motor Harley Owners Group (HOG) kepada anggota TNI.

Kejadian ini dipicu oleh tingkah laku beberapa anggota klub moge yang dianggap kurang sopan saat hendak melakukan touring. Melihat hal ini dua prajurit TNI mengambil tindakan, yang berujung pada cekcok dan pengeroyokan.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana, ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu pengemudi moge menjadi arogan. Salah satunya adalah perilaku pengendara yang kurang baik.

“Mungkin karena mereka merasa diprioritaskan karena dipimpin oleh vorijder, atau bisa juga karena merasa motornya beda kasta dengan yang lain,” ujar Sony kepada wartawan, Jumat (6/11/2020).

Lantas, apa yang harus di lakukan ketika bertemu rombongan moge di jalan raya?

Sony menyarankan, jika kita berada dalam posisi tersebut sebaiknya mengalah saja agar terhindar dari konflik dan kecelakaan.

“Ketika ketemu rombongan moge di jalan, tidak usah panik. Terutama bila kecepatannya di atas rata-rata, kasih saja buka jalan, beri ruang untuk mereka lewat,” ucapnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu. Saat berkendara di jalan raya baik pengemudi motor kecil maupun motor besar harus saling mengalah, dan memiliki sifat berbagi untuk menghindari gesekan ini.

“Masalahnya adalah lemahnya kita dalam berempati. Coba misalkan ada empati tidak akan ada kejadian seperti itu. Harus ingat bahwa jalan raya adalah ruang publik,“ kata Jusri.

 

 

 

(Sumber : Kompas.com)

 

 

[Nz]
Facebook Comments

Baca Juga!..

Vespa Antik 02

Komunita Motor Tua Angkat Bicara Soal Pembatasan Usia Kendaraan

Bekasi-Bhatara, Anies Baswedan ( Gubernur DKI Jakarta ) meminta kepada kepala dinas perhubungan DKI Jakarta ...

maxresdefault

Motor ADV300 Yang Akan Liris Sudah Di Tunggu-Tunggu

Bekasi-Bhatara,  Dunia roda dua, baru saja dibuat heboh oleh kemunculan ADV150. PT Astra Honda Motor ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *