Home >> Ekonomi >> Akibat Pandemi Covid -19 Pemerintah belum tetapkan kenaikan Cukai Rokok

Akibat Pandemi Covid -19 Pemerintah belum tetapkan kenaikan Cukai Rokok

Akibat pandemi Covid -19 pemerintah belum tetapkan kenaikan cukai rokok

Jakarta-Bhatara, wacana kenaikan cukai rokok akan dimulai di Tahun 2021 mendatang. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengungkapkan bahwa Pemerintah membutuhkan waktu untuk merumuskan besaran kanaikan tarif cukai rokok 2021.

Itu diperlukan karena kondisi ekonomi dan industri rokok tengah tertekan pandemi virus corona atau covid-19.

Dilansi dari CNNIndonesia, Heru menjelaskan ada beberapa pertimbangan kementerian untuk meminta tambahan waktu. Pertama, perkembangan kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya kembali normal dari tekanan pandemi corona, meski tanda-tanda pemulihan sudah mulai terlihat.

Kedua, perkembangan industri rokok, baik dari sisi permintaan, produksi, hingga para pekerja yang ada di sektor ini. Pertimbangan perlu dilakukan karena pandemi turut menekan industri rokok.

Ketiga, keinginan pemerintah agar pengenaan cukai bisa menjadi instrumen pengendalian konsumsi rokok di masyarakat. Khususnya perokok usia muda.

“Pemerintah sangat berhati-hati dalam merumuskan kebijakan tarif dan beberapa instrumen kebijakan lainnya yang berhubungan dengan rokok ini. Kita masih harus mengoordinasikan dengan beberapa kepentingan,” terangnya.

Sebelumnya, Heru sempat memastikan bahwa tarif cukai rokok akan naik pada 2021. Hal ini sejalan dengan target kenaikan jumlah penerimaan cukai rokok sebesar Rp7,86 triliun atau 4,8 persen pada tahun depan.

 

Akibat pandemi Covid -19 pemerintah belum tetapkan kenaikan cukai rokok

 

[ftr]

Facebook Comments

Baca Juga!..

image_750x_5f82ddd2a230e

Pengusaha Travel Banting Stir Budidaya Anggrek Di Masa Pendemi

Bekasi-Bhatara, Di masa pendemi ini banyak orang yang mengeluh akan pendapatanya yang menurun ataupun terhenti ...

kkk

Omzet Pengusaha Ikan Koi Banyuwangi Meningkat Di Masa Pendemi ini

Bekasi-Bhatara, Dalam masa pendemi ini banyak perusahaan atau pengusaha mengalami penurunan daya jual kepada masyarakat. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *